--> TIPS MEMILIH KACER KUALITAS SUPER | VicPethouse

(Find Anything about your pets)


Monday 13 January 2014

TIPS MEMILIH KACER KUALITAS SUPER

| Monday 13 January 2014

Burung Kacer merupakan salah satu burung petarung yang memiliki gaya paling eksotis, disamping suaranya yang sangat memukau. ciri kacer yang bagus salah satunya adalah memiliki bulu yang kering akan tetapi tetap berkilau warnanya selain itu ciri kacer yang bagus adalah sebagai berikut:

1. Pilihlah burung kacer yang berkelamin Jantan.

Burung kacer yang berkelamin jantan memiliki suara yang lebih varian/banyak dari pada burung yang berkelamin betina, dan yang banyak  untuk ditarungkan adalah burung kacer yang berkelamin jantan. Perbedaan kacer jantan dan betina ialah Kacer Jantan mempunyai bulu di kepala berwarna hitam, warna didada hitam mengkilap. Sementara kacer betina bulu di kepala berwarna hitam keabu-abuan, warna didada tidak mengkilap. Sedangkan pada kacer usia trotolan atau anakan yang bulunya baru keluar dan belum lengkap, sebenarnya sudah bisa kita lihat meskipun hanya satu atau dua bulu. Pada trotolan jantan bulu berwarna hitam pekat sedangkan trotolan betina warna hitamnya agak pudar cenderung berwarna abu-abu.
Kacer Betina
Kacer Jantan

















2. Pilihlah burung kacer yang memiliki paruh yang panjang, lurus dan lebar.

Jangan sampai sobat memilih bakalan kacer yang berparuh bengkok. Burung kacer yang memiliki paruh seperti yang disebutkan diatas kebanyakan memiliki tone suara lebih tebal dan kasar serta memiliki volume yang dahsyat dan tembus. Bagian paruh terlihat lurus, belahannya memanjang hingga ke belakang sampai mau ke bagian leher atau tenggorokan atau sampai di bawah mata. Jenis yang seperti ini bisa membuka paruh lebih lebar dari yang belahannya lebih pendek. Untuk posisi lubang hidungnya, pilihlah yang jarak antara lubang hidung dan posisi matanya sedekat mungkin.
Paruh Lurus dan Panjang

3. Untuk badan carilah burung kacer yang memiliki badan yang serasi baik dari kepala, dada, ekor hingga kaki.

Burung kacer yang memiliki postur badan seperti ini sangat indah untuk dilihat, merupakan bentuk badan burung kacer yang ideal. Postur badan kecil memanjang, tidak pendek. Dari postur badannya pilihlah yang sedang dan dari leher sampai ekor dan kakinya mempunyai panjang yang serasi, jangan pilih bakalan yang leher dan badannya pendek. Leher panjang padat berisi Menandakan burung ini akan mengeluarkan power suara secara maksimal. Sayap yang mengepit rapat serta kaki yang mencengkram kuat, menandakan bakalan tersebut sehat. Pilihlah yang berkaki besar dan tampak kering. Kemudian perhatikan bagian ekor, biasanya kempal atau ngumpul, dan tidak mekar atau membuka. Bulu kelihatan kering, tapi bersih dan gilap. Artinya kalau kita menjumpai burung kacer dada putih tapi bulunya kurang bernada kering, biasanya kurang flghter.
Badan Proporsional

4. Pilihlah mata besar dan bulat, bentuk kepala kotak papak.

Burung kacer yang memiliki katuranggan seperti yang disebutkan diatas kebanyakan memiliki mental untuk bertarung yang sangat baik, dan tidak mudah jatuh mental. Bentuk kepala kotak, matanya bulat dan besar serta terlihat melotot, sampai seperti mau keluar dari dalam kelopaknya. Mata yang melotot akan terkesan garang, juga awas dalam mengamati sekitarnya. Kalau kita menjumpai kacer dada putih yang matanya kurang melotot, sehingga terlihat lembut dan kalem, bisa diperkirakan si burung kurang tarung.

5. Pilihlah burung kacer yang memiliki nafsu makan besar (rakus).

Burung kacer yang memiliki nafsu makan besar, merupakan burung kacer sehat. Pastikan burung kacer tersebut menyukai semua jenis extra fooding seperti : Jangkrik, Kroto, Ulat Hongkong, Ulat Bumbung, Cacing, dll.

6. Pilihlah burung kacer yang lincah dan energik.

Burung yang seperti ini terlihat lebih sehat, lincah dalam artian disini tidak nabrak-nabrak jeruji yang mengakibatkan paruh burung mengalami luka.

Mungkin hal yang sudah disebut diatas dapat menjadi acuan dalam berburu burung kacer kualitas super.






Related Posts

No comments:

Post a Comment