--> TIPS MEMILIH CENDET KUALITAS JUARA | VicPethouse

(Find Anything about your pets)


Tuesday 13 May 2014

TIPS MEMILIH CENDET KUALITAS JUARA

| Tuesday 13 May 2014




Burung Cendet adalah burung cerdas dari keluarga Turdidae. Burung cendet / pentet merupakan salah satu jenis burung kicau yang memiliki suara yang keras, variatif, serta postur dan penampilannya yang indah. Burung cendet /  burung pentet merupakan salah satu burung predator yang memiliki kemampuan merekam suara sangat baik bahkan suara binatang pun bisa ia tirukan.
Cendet jawara tentunya lahir dari keturunan yang jawara pula, atau setidaknya memiliki trah / gen dari cendet yang berkualitas bagus. Selain keturunan / gen, cendet jawara juga harus dirawat dengan baik dan benar. Khusus untuk cendet, antara jantan dan betina bisa menjadi jawara. Artinya baik cendet jantan maupun betina memiliki kemampuan berkicau yang baik, tetapi cendet jantan lebih ungul dalam volume suara yang lebih keras, variasi kicauan, serta penampilannya lebih menawan.

Karakter Dasar Burung Cendet

1.     Ganas apabila lapar. Burung ini akan berlaku agresif apabila lapar.
2.     Petarung yang memiliki teritorial. Apabila mendengar suara burung lain atau melihat burung sejenis, maka semangat tempurnya langsung berkobar.
3.     Birahi yang cenderung mudah naik. Burung ini sangat mudah naik birahinya, banyak penyebab yang dapat membuat naiknya birahi pada burung jenis ini. Setelan EF (Extra Fooding) yang over, penjemuran yang berlebih atau melihat burung Cendet lain, dapat dengan cepat menaikkan tingkat birahinya.
4.     Mudah jinak. Karena kemampuan beradaptasinya yang tinggi, maka burung ini mudah jinak kepada manusia.

Memilih Bakalan Cendet Yang Berkualitas

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam memilih bahan atau bakalan cendet yang berkualitas, diantaranya :

1.       Cendet / pentet harus berkelamin jantan. Tetapi ada juga cendet betina yang bisa jadi jawara. Jadi jangan terlalu terpaku dengan jenis kelamin. ciri-ciri burung cendet jantan dapat dilihat warna bulu yang tegas mengkilap dan kontras.
2.       Bentuk paruh, sebaiknya pilih bentuk paruh yang berpangkal lebar, besar dan pipih. Paruh bagian bawah cenderung lurus bagian atas tidak terlalu bengkok atau mbetet.. Posisi lubang hidung pilih sedekat mungkin dengan posisi mata kalau bisa lubangnya lebar kalau dilihat dari samping tembus serta leher yang panjang dan padat. Ini diyakini memiliki volume suara yang keras.
3.       Kepala besar dan papak, mata bulat besar dan melotot. Ini menandakan burung ini mempunyai mental tempur yang baik.
4.       Postur badan, pilihlah bahan yang berpostur panjang, badan dan ekor serta kaki yang serasi dan berdiri tegak.
5.       Sayap mengepit rapat dan kaki mencengkram kuat, ini menandakan bahan tersebut sehat.
6.       Lincah, gesit, dan bernafsu makan besar. Ini merupakan ciri-ciri bahan yang bermental baik.

Related Posts

No comments:

Post a Comment