--> TANDA TANDA KUCING AKAN MELAHIRKAN DAN CARA PENANGANANNYA | VicPethouse

(Find Anything about your pets)


Wednesday 26 August 2015

TANDA TANDA KUCING AKAN MELAHIRKAN DAN CARA PENANGANANNYA

| Wednesday 26 August 2015
Masa kehamilan untuk kucing adalah antara 64 dan 67 hari, dengan rata-rata 66 hari, dengan jumlah  tiga sampai lima anak kucing. Anak pertama biasanya lebih kecil dari anak berikutnya. Anak kucing disapih antara enam atau tujuh minggu, dan kucing biasanya mencapai kematangan seksual pada usia 5-10 bulan (betina) dan 5-7 bulan (laki-laki), meskipun hal ini dapat bervariasi tergantung pada jenis.  Kucing betina dapat dua sampai 3 kali melahirkan dalam setahun, sehingga dapat menghasilkan hingga 150 anak kucing dalam masa produktif mereka, yaitu sekitar sepuluh tahun.
Seekor kucing hamil umumnya cukup mandiri dan tahu apa yang dia perlu lakukan untuk melahirkan anak-anaknya. Tapi sebagai pemilik anda perlu mengetahui beberapa hal agar dapat mengenali permasalahan – permasalahan yang dialami si kucing dan dapat segera membantu bahkan meminta bantuan dokter apabila diperlukan.

Sebelum kelahiran

Dalam dua minggu terakhir kehamilan, lebih baik pisahkan kucing dengan hewan lain ataupun anak – anak. Menjaga kucing setenang dan senyaman mungkin selama waktu ini juga penting sebagai waktu istirahat untuk menunggu proses persalinan. Anda juga harus memilihkan tempat yang nyaman untuknya melakukan persalinan.
Salah satu cara memberikan tempat melahirkan yang nyaman adalah tempat tersebut harus kokoh, misalnya adalah Sebuah kotak kardus yang berukuran 60 cm X 90 cm dengan tinggi ideal 50 cm, ditambah dengan atap jika diperlukan. Serta perlu memiliki lubang di bagian depan tapi pastikan bahwa lubang  tidak cukup rendah sehingga anak-anak kucing dapat merangkak keluar. Kotak harus cukup luas untuk mereka berbaring serta hangat. Maka dari itu perlu juga dialasi dengan selimut di lanta di dalam kotak tersebut.

Melahirkan

memantau proses persalinan sebenarnya susah – susah gampang, anda harus jeli mengenali masalah – masalah yang akan timbul pada saat persalinan, dan memberikan pertolongan dan bantuan pada si kucing untuk kelancaran proses persalinan tersebut. Namun, jangan lupa tetap simpan nomor telepon dokter hewan langganan anda, apabila nanti suatu saat membutuhkan pertolongan yang tidak dapat anda tangani sendiri.
Ada tiga tahap persalinan pada kucing. Yang pertama sering dapat berlalu tanpa ada yang memperhatikan adalah pada saat  leher rahim dan rahim mempersiapkan persalinan. Mungkin ada kontraksi yang tidak memiliki tanda – tanda. Kucing kemungkinan akan gelisah pada tahap ini, menjadi cerewet  dan mondar – mandir keluar masuk kotak persalinan , tetapi tanpa menghasilkan apa – apa. Jika ia tidak menetap di kotak persalinannya, jangan mencoba untuk memindahkannya. Ikuti saja keinginannya untuk melahirkan dimanapun selama tidak membahayakan.
Tahap dua adalah di mana anak-anak kucing mulai keluar dan dapat memakan waktu  2-24 jam untuk menyelesaikannya. siapkan semangkuk air hangat bersama dengan handuk bersih, beberapa benang gigi dan sarung tangan sekali pakai. Beberapa anak kucing muncul kepala duluan sementara yang lain keluar kaki duluan dan kedua – duanya masih normal. Biasanya ada interval 30-45 menit antar anak kucing, kadang-kadang lebih. Jika ada tanda-tanda kontraksi, darah keluar  atau saat anak kucing keluar sangat cepat tanpa sempat  memecahkan kantung ketuban, maka perlu campur tangan anda untuk membantu.
Kucing akan mematahkan setiap kantung ketuban - membran tipis sekitar setiap kucing yang berisi cairan - tetapi jika dia tidak menggunakan handuk atau kain untuk melakukan ini dan memungkinkan kucing untuk napas. Jika Anda perlu melakukan ini, memberikan anak kucing menggosok dan membersihkan mulut mereka untuk merangsang pernapasan.
Setiap kelahiran, induk kucing akan menggigit setiap kantung ketuban, yaitu membran tipis yang membungkus setiap anak kucing yang berisi cairan. Jika induk kucing tidak sempat melakukannya, gunakan handuk atau kain untuk melakukan ini dan memungkinkan anak kucing untuk bernfpas. Jika anda melakukan itu, rangsanglah anak kucing untuk bernafas.
Setelah kelahiran, sang induk akan menggigit tali pusat anak kucing. Jika dia tidak melakukannya, gunakan benang gigi untuk melakukan itu. Jangan memotong terlalu dekat anak kucing karena hal ini dapat menyebabkan infeksi fatal dan celupkan dalam larutan yodium atau chlorhexidine untuk menghentikan infeksi.
Tahap terakhir adalah keluarnya plasenta dan harus terjadi setelah setiap kelahiran. Biasanya induk kucing akan memakannya. Pastikan jumlah plasenta melewati sesuai dengan jumlah anak kucing, meskipun kadang-kadang kembar bisa berbagi satu.


Selamat mencoba dan semoga membantu.

Related Posts

No comments:

Post a Comment