--> CARA MENCEGAH KUCING PIPIS SEMBARANGAN | VicPethouse

(Find Anything about your pets)


Friday 29 January 2016

CARA MENCEGAH KUCING PIPIS SEMBARANGAN

| Friday 29 January 2016
pasir di dalam kotak harus bersih
Kebersihan Pasir merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap kenyamanan sang kucing



Ada banyak penyebab jika kucing buang air tidak dalam tempat yang seharusnya atau kotak pasirnya, dan salah satu sebab yang umum adalah bahwa itu merupakan salah satu cara kucing untuk “memberi tahu” sang majikan tentang permasalahan yang dihadapinya. Beberapa pemilik kucing pemula yang tidak mengetahui hal ini, mudah sekali menyerah menghadapi hal seperti ini. Bahkan, bisa dengan mudah memberikan sang kucing kepada orang lain ataupun menjualnya. Yang harusnya diketahui oleh pemilik pemula seperti contoh tadi ialah bahwa tingkah laku kucing yang seperti itu dapat dicegah dan diantisipasi, jika sang pemilik berusaha untuk memahami apa yang diinginkan si kucing. Membersihkan urine (mengganti pasir) sesegera mungkin merupakan hal yang sangat penting, sebab kucing mempunyai penciuman yang sangat sensitif. Jika si kucing buang air di tempat yang sama terus menerus dan tidak di dalam kotaknya, bisa jadi tempat tersebut telah ”ditandai” oleh kucing lain ataupun hewan lainnya.
Rekomendasi pertama untuk mengatasi masalah ini adalah membawa kucing tersebut ke dokter hewan. Periksakan kucing ke dokter hewan, mungkin tingkah laku tersebut dipicu oleh gangguan kesehatan yang dialami oleh si kucing. Jika ini adalah pertama kalinya kucing anda berbuat begitu, mungkin terjadi gangguan pada saluran urin atau gangguan pada saluran lainnya. Aspek lain untuk dipertimbangkan, ialah jarak antara kotak pasir dengan tempat kucing biasa buang air. Jika si kucing lebih memilih buang air tepat di dekat kotak pasir yang disediakan, bisa jadi ia tidak menyukai kotak pasir tersebut. Penyebabnya bermacam – macam, mungkin pasirnya kurang bersih, tempat atau kotaknya terlalu kecil atau sempit, mungkin juga ukuran kotaknya terlalu tinggi. Masalah sulitnya akses si kucing untuk merasa nyaman sangat mempengaruhi dalam kegiatan tersebut.
Ada strategi atau cara untuk mengatasi masalah seperti diatas, yaitu dengan menempatkan beberapa kotak pasir dengan berbagai ukuran. Idealnya, anda dapat menyediakan beberapa kotak pasir dengan ukuran yang berbeda -  beda ataupun dengan bentuk yang berbeda – beda. Kemudian amati kotak seperti apa yang ia lebih nyaman untuk buang air. Lakukan dalam jangka waktu minimal  1 minggu sebagai percobaan. Tetapi jangan lupa berlah perlakuan yang sama terhadap kotak – kotak pasir tersebut. Terutama, kebersihan pasir yang digunakan di dalam kotak pasir tersebut, serta untuk jenis pasir gunakan satu jenis saja.
Semoga Membantu.




Sumber : ezinearticles.com
photo : flickr.com
                              



Related Posts

No comments:

Post a Comment