--> CARA MEMELIHARA BURUNG PARKIT, SI CERDAS MUNGIL NAN RAMAH | VicPethouse

(Find Anything about your pets)


Sunday 14 February 2016

CARA MEMELIHARA BURUNG PARKIT, SI CERDAS MUNGIL NAN RAMAH

| Sunday 14 February 2016
burung parkit sedang bertengger
Burnug Parkit yang terlatih dapat berdiri di tangan pemiliknya sendiri

Parkit adalah salah satu burung peliharaan paling populer, dan tidaklah sulit mencari alasan tentang itu. Burung ini ramah, sangat cerdas, dan bahkan dapat diajarkan untuk berbicara. Mereka juga berukuran relatif kecil, murah, dan mudah untuk dirawat, membuat mereka menjadi pilihan yang sempurna untuk orang yang baru pertama kalimemelihara burung. Mereka juga hewan yang bagus untuk anak-anak. Yang paling penting ialah, dengan perawatan yang tepat, persahabatan ini dapat bertahan hingga 15 tahun!

Jika anda berpikir untuk memelihara parkit dalam rumah anda, hal pertama yang harus anda siapkan adalah kandang yang sesuai. Hal ini mungkin salah satu pertimbangan yang paling penting, karena ini akan menjadi rumah parkit anda dan tempat ia menghabiskan sebagian besar waktunya. Parkit sangat aktif bersosialiasi, dan perlu banyak ruang karena ia sangat lincah meloncat kesana - kemari. Untuk alasan ini, ukuran kandang yang disarankan minimal memiliki lebar 45 cm, dan tinggi serta lebar 40 cm atau lebih besar lebih baik. Juga pastikan jeruji sangkar tersebut tidak lebih lebar dari 1,5 cm. Kandang yang baik setidaknya harus memiliki beberapa tenggeran sebagai tempat untuk bertengger bagi parkit anda. Tentu saja, kandang anda harus dilengkapi dengan tempat makan dan tempat minum yang sesuai. Dan  anda harus menempatkan kandang di daerah yang tidak terkena angin dan sinar matahari langsung.

Nutrisi yang tepat untuk parkit anda biasanya didapat dari bermacam biji –bijian yang dapat anda peroleh di toko peliharaan sekitar anda. Selain itu, berikan makanan ringan berupa buah - buahan segar atau sayuran sesekali, misalnya sepotong apel atau wortel. Seperti halnya hewan peliharaan lainnya, menyediakan pasokan air bersih yang cukup sngatlah penting. Tempatkan makanan dan air di daerah yang kurang terkontaminasi bulu atau kotoran. Parkit juga perlu diberi tulang sotong dan mineral blok (dapat dibeli di toko peliharaan terdekat) yang memberikan nutrisi penting. Meskipun banyak karyawan toko hewan peliharaan yang berpengetahuan luas, dokter hewan masih merupakan orang terbaik untuk menanyakan tentang gizi lebih spesifik lagi.

Setelah kebutuhan dasar diatas terpenuhi, hal yang perlu anda tambahkan berikutnya ialah mainan. Sebuah ayunan, bel, atau cincin sederhana, dapat ditambahkan pada sangkar agar ia mendapatkan rangsangan yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan psikologis dan emosional serta meningkatkan perkembangannya.

Setelah semua kebutuhan di atas sudah siap, berarti anda telah siap untuk membeli dan membawa pulang teman baru anda, dan beberapa hal ini harus anda perhatikan. Pertama, anda harus memutuskan berapa banyak burung yang ingin anda bawa kerumah. Jika anda memilih sepasang parkit akan ada ikatan erat antara keduanya dan mereka akan saling menemani, jika anda memutuskan hanya memelihara seekor saja, biasanya hubungannya lebih dekat dengan pemiliknya, dan lebih mudah dilatih untuk berbicara serta dapat menjadi sangat jinak. Keputusan ini harus didasarkan pada seberapa banyak waktu yang anda sediakan untuk bersosialisasi dengan si parkit. Jika waktu yang anda punya hanya cukup untuk memelihara seekor parkit, tak usah memaksa untuk membeli sepasang.

Apakah anda membawa pulang seekor atau sepasang parkit ke tempat yang baru, yang pasti, pada awalnya hal itu merupakan pengalaman yang tidak mengenakkan baginya. Untuk membuatnya merasa aman dan nyaman, anda harus memberikan waktu padanya untuk menjelajahi kandang barunya, dan buatlah kondisi yang tidak terlalu bising atau jangan sampai ada suara tiba –tiba yang terdengar keras. Setelah parkit anda dapat menyesuaikan diri, anda dapat mulai mendekati kandang lebih sering dan berbicara padanya dengan suara pelan dan lembut. Dengan berjalannya waktu, ia akan dapat mengenali anda. Ada beberapa toko peliharaan yang menjual burung yang sudah terlatih. Jika sudah terlatih begitu, anda bisa meminta parkit untuk berdiri di atas jari anda dengan mendekati perlahan-lahan, kemudian tekan lembut di bagian dada, dan katakan “up”. Jika burung anda belum terlatih, anda harus bekerja untuk membuatnya berdiri di tangan anda terlebih dahulu, dan kemudian memulai proses pelatihan.

Setelah anda bisa melewati proses awal ini, yaitu persiapan dan pelatihan, anda bisa membuat persahabatan dengannya selama bertahun –tahun dengan biaya pemeliharaan yang relatif rendah. Sedikit perhatian setiap hari dan membersihkan kandang seminggu sekali cukup untuk membuat parkit anda berumur panjang dan hidup bahagia.


Semoga membantu.

Related Posts

No comments:

Post a Comment