--> ANJING ANDA MENDADAK AGRESIF? BEGINI CARA MENGATASINYA | VicPethouse

(Find Anything about your pets)


Tuesday 9 February 2016

ANJING ANDA MENDADAK AGRESIF? BEGINI CARA MENGATASINYA

| Tuesday 9 February 2016
anjing agresif secara tiba - tiba
Anjing yang bertingkah agresif secara tiba - tiba menandakan ada gangguan atau luka pada tubuhnya

Anjing adalah binatang yang sering dipilih oleh kita sebagai teman dalam menemani keseharian kita. Sebab, anjing merupakan hewan cerdas yang memiliki sifat penyayang penurut dan manja, serta apabila dibiasakan ataupun dilatih dapat melakukan perintah sederhana seperti yang kita inginkan.
Pada dasarnya, anjing merupakan hewan yang tenang, senang bermain, dan manja terutama kepada pemiliknya. Namun, pernahkah anda mengalami perubahan tingkah laku secara mendadak pada anjing anda? Yang jamak sekali terjadi ialah setelah beberapa lama anda memelihara anjing tersebut, dengan baik dan tanpa ada kendala sedikitpun, tiba – tiba pada suatu waktu ia mendadak agresif dan malah menyerang anda. Ada kalanya pada suatu hari anda ingin menggendong anjing anda seperti yang biasa anda lakukan di hari – hari kemarin, tetapi kemudian ia malah marah dan menggigit anda. Apa yang salah sebenarnya? Kita ingin menunjukkan rasa sayang kita kepadanya, malah mendapatkan gigitan dan cakaran, .
Hal pertama yang harus anda lakukan adalah langsung membawa anjing anda ke dokter hewan. Mungkin saja ada rasa sakit atau luka di dalam tubuhnya yang memicu perilaku agresif tersebut. Tingkah laku ini dikenal dalam istilah pain-induced-aggression atau perilaku agresif yang dipicu oleh rasa sakit, baik yang disebabkan oleh luka yang ada di luar ataupun di dalam tubuh. Perilaku ini merupakan tingkah defensif hewan untuk melindungi tubuhnya.
Normal saja sih sebenarnya, ia hanya ingin melindungi bagian tubuhnya dari rasa sakit yang mungkin telah dirasakannya sejak lalu. Hal ini bisa saja disebabkan karena mungkin saja ia memiliki penyakit atau luka pada tubuhnya. Anjing yang berusia tua, rentan terhadap berbagai gangguan organ dalam. Jika anda menggendong ataupun memeluknya terlalu keras, dapat memberikan cedera pada organ – organ dalam anjing anda. Maka dari itu periksakan anjing anda tersebut pada dokter hewan, untuk mengetahui hal apa yang menyebabkan anjing anda bertingkah begitu.
Cara berikutnya yang dapat anda lakukan untuk mengantisipasi terjadinya hal ini adalah dengan secara rutin memijat – mijat anjing anda. Hampir semua anjing menyukai pijatan – pijatan lembut pada tubuhnya. Sentuhan pada hewan peliharaan anda dapat pula meningkatkan chemistry anda dengannya. Disamping itu, anda juga dapat memeriksa secara manual, dengan sentuhan, bagian mana dari tubuhnya yang apabila ditekan agak keras, ia akan menjadi lebih agresif.
Yang terpenting adalah apabila anjing anda mendadak bertingkah lebih agresif daripada biasanya, segera periksakan anjing anda tersebut ke dokter hewan. Agar dokter hewan dapat mendiagnosa secara cepat dan tepat gangguan apa yang membuat anjing anda bertingkah seperti itu. Dan apabila ternyata ada infeksi pada tubuh anjing anda, bisa diatasi secara cepat oleh dokter hewan tersebut. Dan apabila ternyata penyebabnya lebih buruk dari itu, dokter hewan dapat segera memberikan penanganan yang diperlukan untuk mencegah terjadinya hal yang lebih fatal lagi.
Jika anda terkena gigitan ataupun cakaran anjing anda, segera bersihkan luka anda dengan alkohol, serta berikan anti-biotik untuk mencegah tumbuhnya bakteri, kuman, ataupun bibit penyakit disitu. Kenalilah dengan baik tingkah laku, gerak – gerik, serta kebiasaan anjing anda sehari – harinya. Supaya, apabila terjadi perubahan, keanehan, ataupun penyimpangan tingkah laku di luar perilaku yang biasa anda lihat setiap harinya, anda dapat menyadarinya. Ataupun jika memungkinkan, segera membawa anjing anda secepat mungkin ke klinik hewan, untuk pertolongan yang lebih akurat.
Semoga membantu


Related Posts

No comments:

Post a Comment